Sabtu, 12 November 2016

Faktor Penyebab Kawasaki Ninja 150 Sering Mogok dan Cara Ampuh Mengatasinya

Faktor Penyebab Kawasaki Ninja 150 Sering Mogok dan Cara Ampuh Mengatasinya
Kisahnya Ninja 150 R seorang rekan mogok di perjalanan , gejalanya aneh  ,  motor di kick starter bisa nyala cuma sebentar paling 5  detik trus mati lagi  ,  apalagi  setelah nya la di gas malah tambah mblebek   akhirnya motor digelandang ke garasi yang waktu itu berjarak 8km dari kawasan pabrik  * perjuangan iki bengkel panggilan dorong footstep 8km



Nah kira kira apa saja yang menyebabkan motor kencang ini ngadat mogok sodara sodara ?    oke langkah pertama lepas tangki , dan selang selang yang terhubung  ke karburator , sekalian buka box filter untuk dibersihkan busa filter nya


lanjut lepas box filter dari frame body untuk memudahkan pembongkaran area karburator , jangan lupa lepas terlebih dahulu clamp pada hose menuju karburator


lanjut lepas baut pengikat coil & perkabelan di atas frame body agar memudahkan pembongkaran superkips & melepas Busi


setelah karburator dilepas Dannnn waaaadalah  memang banyak kotoran bersarang di area mesin & pengkabutan bahan bakar sodara sodara


bongkar mangkuk karbu sekalian cleaning pilot jet- main jet & saluran saluran di dalam karburator


lanjut inspeksi membran reed valve ! lepas karet manifold karbu dari in-port crank case


lepas dan pisahkan membran reed valve dari manifold , lakukan pengecekan !


Terlihat banyak kotoran dan deposit karbon diantara membran fiber nya , hal ini mengganggu proses buka-tutup bergetarnya membran reed valve ,  lepas baut stopper nya & bersihkan memran reed valve dengan bensin & kuas kemudian keringkan dengan kompressor


lanjut inspeksi superkips! , buka 3 baut cover superkips pada block kanan superkips ,daaannn waaadalah   deposit karbon & sisa sisa oli terbakar sangat pekat berpotensi menyumbat saluran superkips



untuk melakukan service superkips terlebih dahulu lepas cover karet diatas cylinder head , lepas baut tuas shaft mekanisme superkips (buka dengan kunci no 10 *jangan lupa ulir terbalik –left thread–  jadi untuk membuka harus diputar kekanan )      , kemudian lepas cover aluminium penutup gear mekanisme super kips  *pada gambar dibawah ini baut yang di tengah dengan kunci no 10 juga



lepas Nut   gear superkips  *dilepas dengan aturan ulir kiri juga (atau putar kekanan untuk membuka) perhatikan marking  tanda (.) titik pada gear untuk menandai timing posisi gear saat  akan dibongkar-pasang



lepas baut hexagonal bracket rumah bushing valve  superkips dengan kunci ( L no 5)



lepas dengan mencongkel secara perlahan sampai valve superkips terangkat , kemudian bersihkan valve superkips !



setelah semua proses pembongkaran dikembalikan berkebalikan dengan proses sebelumnya ,   si Ninin coba di starter  dan  Jreeeng Jrengg Jreng   nyala  & mudah starternya  , tanpa mbrebet maupun ngookkkkk !  :mrgreen:  tinggal setting ulang karbu, untuk meminimalisir cepat kotornya superkips , perlu inspeksi mekanisme pompa oli samping agar pencampuran bahan bakar dengan oli samping ”Pas”  tidak berlebihan maupun tidak terlalu miskin. beralih ke block mesin sebelah kiri , posisi pompa oli samping ada diatas sprocket gear



buka cover pompa oli samping dengan impact screw  / obeng ketrok , 



Atur slink kawat penarikan disesuaikan dengan tarikan gas , perhatikan asap yang keluar saat handle gas di geber , idealnya asap keluar secara tipis bertahap , hingga  semakin banyak saat handle di buka semakin dalam , setting hingga ”Pas”

Nah begitulah ulasannya, silahkan mencoba, share ketemenmu yang lain biar mereka tahu..


sumber >> warungdohc.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar