Faktor Penyebab Kawasaki Ninja 150 Sering Mogok dan Cara Ampuh Mengatasinya
Kisahnya Ninja 150 R seorang rekan mogok di perjalanan , gejalanya aneh , motor di kick starter bisa nyala cuma sebentar paling 5 detik trus mati lagi , apalagi setelah nya la di gas malah tambah mblebek akhirnya motor digelandang ke garasi yang waktu itu berjarak 8km dari kawasan pabrik * perjuangan iki bengkel panggilan dorong footstep 8kmNah kira kira apa saja yang menyebabkan motor kencang ini ngadat mogok sodara sodara ? oke langkah pertama lepas tangki , dan selang selang yang terhubung ke karburator , sekalian buka box filter untuk dibersihkan busa filter nya
lanjut lepas box filter dari frame body untuk memudahkan pembongkaran area karburator , jangan lupa lepas terlebih dahulu clamp pada hose menuju karburator
lanjut lepas baut pengikat coil & perkabelan di atas frame body agar memudahkan pembongkaran superkips & melepas Busi
setelah karburator dilepas Dannnn waaaadalah memang banyak kotoran bersarang di area mesin & pengkabutan bahan bakar sodara sodara
bongkar mangkuk karbu sekalian cleaning pilot jet- main jet & saluran saluran di dalam karburator
lanjut inspeksi membran reed valve ! lepas karet manifold karbu dari in-port crank case
lepas dan pisahkan membran reed valve dari manifold , lakukan pengecekan !
Terlihat banyak kotoran dan deposit karbon diantara membran fiber nya , hal ini mengganggu proses buka-tutup bergetarnya membran reed valve , lepas baut stopper nya & bersihkan memran reed valve dengan bensin & kuas kemudian keringkan dengan kompressor
lanjut inspeksi superkips! , buka 3 baut cover superkips pada block kanan superkips ,daaannn waaadalah deposit karbon & sisa sisa oli terbakar sangat pekat berpotensi menyumbat saluran superkips
untuk melakukan service superkips terlebih dahulu lepas cover karet diatas cylinder head , lepas baut tuas shaft mekanisme superkips (buka dengan kunci no 10 *jangan lupa ulir terbalik –left thread– jadi untuk membuka harus diputar kekanan ) , kemudian lepas cover aluminium penutup gear mekanisme super kips *pada gambar dibawah ini baut yang di tengah dengan kunci no 10 juga
lepas Nut gear superkips *dilepas dengan aturan ulir kiri juga (atau putar kekanan untuk membuka) perhatikan marking tanda (.) titik pada gear untuk menandai timing posisi gear saat akan dibongkar-pasang
lepas baut hexagonal bracket rumah bushing valve superkips dengan kunci ( L no 5)
lepas dengan mencongkel secara perlahan sampai valve superkips terangkat , kemudian bersihkan valve superkips !
setelah semua proses pembongkaran dikembalikan berkebalikan dengan proses sebelumnya , si Ninin coba di starter dan Jreeeng Jrengg Jreng nyala & mudah starternya , tanpa mbrebet maupun ngookkkkk ! :mrgreen: tinggal setting ulang karbu, untuk meminimalisir cepat kotornya superkips , perlu inspeksi mekanisme pompa oli samping agar pencampuran bahan bakar dengan oli samping ”Pas” tidak berlebihan maupun tidak terlalu miskin. beralih ke block mesin sebelah kiri , posisi pompa oli samping ada diatas sprocket gear
buka cover pompa oli samping dengan impact screw / obeng ketrok ,
Atur slink kawat penarikan disesuaikan dengan tarikan gas , perhatikan asap yang keluar saat handle gas di geber , idealnya asap keluar secara tipis bertahap , hingga semakin banyak saat handle di buka semakin dalam , setting hingga ”Pas”
Nah begitulah ulasannya, silahkan mencoba, share ketemenmu yang lain biar mereka tahu..
sumber >> warungdohc.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar